Grojogan Sewu Tawangmangu, Panorama Air Terjun yang Menyejukkan

Credit photo: @grojogansewutawangmangu

 Wisata alam di Indonesia memang selalu menarik perhatian para traveller.  Selain wisata alam perbukitan, pantai, gunung, air terjun juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Air terjun memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan sebagai tampat pelepas penat. Berbicara tentang air terjun, salah satu wisata air terjun yang tak kalah menarik dikunjungi adalah Air Terjun Gorojogan Sewu Tawangmangu.

Memiliki nama yang unik, panorama keindahan wisata ini pastinya mengundang kekaguman bagi kamu yang pertama kali melihatnya.

Grojoga Sewu Tawangmangu bisa dibilang menjadi salah satu wisata air terjun terindah di Jawa Tengah. Jadi, kalau kamu ingin berwisata di Jawa Tengah, air terjun ini jangan lupa untuk kamu datangi.  

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu ini terletak di Kabupaten Karanganyar. Tepatnya, di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Keberadaan air terjun ini berdekatan dengan kaki pegunungan Lawu, dan jaraknya sekitar 27 km dari timur pusat kota Karanganyar.

Kalau berniat untuk disini, yang perlu kamu adalah rute menuju wisata ini berliku-liku. Mengingat terletak di daerah pegunungan, kamu akan melewati jalan naik-turun dan tanjakannya pun cukup tinggi.

Jadi, pastikan ketika kamu datang ke wisata ini membawa kendaraan yang terawat sehingga tidak ada kendala di perjalanan.

Baca juga: Pemandian Alam Sejuk (PAS) Bah Jambi, Pematang Siantar Keindahan Tersembunyi yang dimiliki oleh warga simalungun

Keindahan Air Terjun yang Mempesona


Berbicara keindahan yang disuguhkan oleh air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, sepertinya selalu mengundang rasa penasaran bagi kita yang belum pernah ke sana.

Saking mempesonanya, saya sendiri sulit menjelaskan dengan kata-kata. Yang pasti, ketika kamu pertama kali masuk di area wisata ini akan melihat pemandangan air terjun yang bernuasa kehijauan.

Selain itu, kamu juga akan melihat pepohonan besar yang tumbuh menghiasi air terjun. Di area sekitar wisata air terjun ini terdapat hutan wisata yang luasnya mencapai 20 hektare. Dengan kawasan hutan ini, suhu dan suasana area wisata akan semakin sejuk dan rindang.

Grojogan Sewu ini sebenarnya memiliki air terjun yang bercabang, namun karena aliran air yang cukup deras terlihat peluncuran air itu menjadi satu.

Nah, keindahan ini tentu akan lebih terlihat nyata ketika kamu mengunjungi secara langsung. Dijamin, pikiran kamu akan fresh kembali ketika berada di Grojogan Sewu ini.

Baca juga: Bukit Indah Simarjarunjung, Wisata Paling Populer di Simalungun untuk Selfie

Fasilitas dan Wahana

Setelah mengetahui kondisi dan lokasi untuk bisa sampai di wisata air terjun ini, pastinya kamu juga bertanya-tanya tentang fasilitas apa saja yang disediakan.

Jika benar, kamu tidak perlu khawatir, fasilitas dan wahana yang disediakan disini akan menambah ketertarikan kamu untuk berkunjung.

Di wisata air terjun ini termasuk memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, tempat oleh-oleh, warung makan, taman binatang, dan juga tempat istirahat yang nyaman.

Bagi kamu yang muslim juga tidak perlu khawatir ketika waktunya beribadah, disini menyediakan mushola khusus untuk wisatawan. Kamu bisa tetap melaksanakan ibadah dengan tepat waktu meskipun sedang liburan.

Selain itu, wahana yang disediakan juga memiliki daya tari tersendiri bagi wisatawan. Ketika kamu telah selesai menikmati pemandangan air terjun yang begitu indah, kamu juga bisa berenang atau juga berkunjung ke taman binatang.

Bagi kamu yang berasal dari daerah yang jauh dengan lokasi wisata ini, tempat wisata ini juga dekat dengan tempat penginapan.

Kamu bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki, karena disini juga ada villa, hotel, dan juga rumah-rumah warga sekitar yang sengaja disewakan untuk para wisatawan.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk di Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tergolong sangat terjangkau di kantong. Harga tiket masuknya yakni Rp. 15.000. Dengan Rp 15.000 saja kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang begitu sejuk dan menyegarkan mata.

Dan jika kamu ingin mencoba wahana yang ada juga akan dikenakan biaya tambahan, seperti halnya fliying fox harganya Rp 20.000 dan untuk berenang Rp 10.000.

Saat kamu ingin datang ke wisata ini juga bisa datang kapan saja kamu mau, karena jam bukanya setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. 

Mitos Tentang Grojogan Sewu Tawangmangu

Meskipun termasuk salah satu wisata air terjun yang populer di Jawa Timur. Namun, tempat wisata ini juga tidak terlepas dari mitos yang beredar di masyarakat.

Adapun beberapa anggapan yang mungkin bisa dipercaya atau tidak, konon jika ada seseorang bersama kekasihnya yang berkunjung ke wisata ini dan berjalan menyeberangi jembatan, hubungan mereka tidak akan bertahan lama. Tetapi, hal ini akan berlaku pada kekasih yang belum ada ikatan pernikahan.

Saking maraknya tentang mitos jembatan ini, sampai ada julukannya “kreteg pegat” yang jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah jembatan pemisah.

Selain adanya mitos tentang jembatan grojogan sewu, mitos lain yang seringkali beredar adalah tentang sejarah dari lokasi wisata ini.

Konon katanya, lokasi Grojogan Sewu ini merupakan tempat bertapa Baladewa putra Bima menjelang perang Bharatayudha.

Mitosnya Baladewa bertapa agar tidak ikut dalam peperangan itu, karena takut kekuatannya tidak ada yang menandingi.

Banyak tentunya diantara masyarakat sekitar atau wisatawan yang terpengaruh dengan mitos ini, namun sejatinya, ini hanyalah mitos dan belum ada bukti autentik tentang kebenarannya.

Nah, inilah beberapa mitos-mitos yang beredar di wisata air terjun Grojogan Sewu. Tetap saja, sebagai manusia yang berakal, kamu bisa mempercayai atau bahkan menolaknya.

Jadi, cukup sekian dulu penjelasan tentang wisata air terjun Gojogan Sewu Tawangmangu. Air terjun yang bisa membuat kamu lebih segar dan tenang. Terlepas dari anggapan atau mitos yang beredar, tempat wisata ini sangat indah dan cocok untuk melepas penat.

 

 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.