Ingin Jadi Sales Representatif? Ini Tugas dan Tanggungjawabnya

tugasa sales representatif


Setiap perusahaan pastinya membutuhkan sales representatif sebagai ujung tombak penjualannya. Tetapi apa sih tugas sales representatif ini? Simak penjelasan di bawah ini!

Sales representatif sering dikaitkan dengan perwakilan perusahaan kepada pihak lain. Dalam artian, sales representatif bertugas untuk menawarkan seseorang agar bekerjasama atau membeli suatu produk perusahaan.

Bagian ini juga menentukan besaran pemasukan yang diperoleh perusahaan. Atau bisa dikatakan jika perkembangan perusahaan terletak pada tim sales representatif.

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang sales representatif, pahami pengertian, tugas, dan tanggungjawab sales representatif di bawah ini.

Baca juga: 9 Tugas dan Tanggungjawab Customer Service yang Harus Kamu Tahu!

Pengertian Sales Representatif

Mungkin kamu seringkali menemukan banyak lowongan pekerjaan sebagai sales. Perlu diingat, meskipun sama-sama sales, terkadang di beberapa perusahaan memberikan tugas yang berbeda sesuai kebutuhan.

Pada penerapanya, sales representatif bertanggungjawab untuk mengkomunikasikan manfaat produk yang kemudian bertujuan penjualan.

Artinya, tim ini akan mencari prospek klien dan mengarahkan calon konsumen dengan informasi terkait produk atau layanan.

Karena itu, seringkali kualifikasi yang dibutuhkan tentang keterampilan komunikasi, interpersonal yang kuat, dan bidang keilmuan yang terkait sehingga mampu sesuai dengan harapan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative



Mengingat begitu vitalnya sales representatif pada suatu perusahaan, apa tugas dan tanggung jawab seorang sales representatif?

1. Mencari Pasar

Tugas utama dari sales representatif adalah mencari pasar. Pasar di sini termasuk dengan target atau dimana produk dan layanan ditawarkan.

Saeorang sales harus mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi pasar dengan baik sehingga target penjualan dapat tercapai.

Tujuannya tak lain adalah untuk menjual lebih banyak produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, sales bisa secara langsung bertatap muka dengan calon konsumen atau melalui media lain.

2. Mencapai Target Penjualan

Bukan hanya mencari pasar atau membentuk pasar, sales representatif juga bertugas untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Biasanya, perusahaan akan memberikan target dari waktu ke waktu, misalkan saja perbulan atau pertahun untuk mencapai penjualan di angka sekian. Setelah ditetapkan target, maka tim sales akan mencari strategi, termasuk mencari pasar dan melakukan penjualan.

Target itu akan diberikan kepada sales dan harus dicapai. Karena ini berkaitan dengan pendapatan perusahaan.

3. Mengkomunikasikan Produk kepada Masyarakat

Tugas dan tanggungjawab sales representatif selanjutnya adalah untuk mengkomunikasikan produk kepada khalayak umum. Komunikasi dalam hal ini bersifat luas, bisa dilakukan dengan mengenalkan manfaat produk, keunggulan, dan penawaran lainnya.

Karena semakin dikenal suatu produk akan semakin berpeluang untuk prospek penjualan. Tim sales akan menjelaskan secara menarik sehingga calon konsumen dapat terpengaruh dan kemudian menggunakan produknya.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Seperti yang di atas dijelaskan, sales harus mampu menjaga dan memelihara hubungan baik yang sudah terjalin. Jadi, bukan hanya untuk menawarkan saja, tetapi sales juga bertanggungjawan kepada pelanggan yang sudah bekerjasama sebelumnya.

Ini berkaitan dengan bagaimana pemeliharaan hubungan baik perusahaan dengan pelanggan. Karena tidak menutup kemungkinan konsumen akan menggunakan produknya secara berkelanjutan.

Sales harus mampu menggunakan kata-kata yang baik dalam penyampaian kepada pelanggan, baik di dunia maya atau nyata.

5. Memecahkan Masalah dan Mengatasi Keluhan

Selain tugas-tugas di atas, sales juga bertanggungjawab menyelesaikan masalah dengan cepat jika sewaktu-waktu terjadi. Terkadang, ada beberapa konsumen yang mengeluhkan tentang penggunaan produk atau layanan.

Dalam hal ini, sales juga mempunyai tanggungjawab untuk menyelesaikan masalah hingga mencapai kepuasan pelanggan.

6. Mengikuti Trend Perubahan Pasar

Mengingat tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan, sales juga harus selalu mengikuti trend perkembangan pasar. Setiap waktu, trend pasar selalu berubah-ubah menyesuaikan jaman. Karena itu sales harus mempu menyesuaikan strategi pemasaran sesuai jaman.

Jika dulu mungkin lebih cenderung ke pemasaran konvensional, tetapi saat masih kurang efektif dan harus ada dukungan dari pemasaran digital.

Memanfaatkan momen untuk meningkatkan penjualan juga termasuk strategi yang bagus, sales harus jeli dan cermat melihat peluang.  

7. Menjaga Nama Baik Perusahaan

Tugas dan tanggungjawab sales lainya adalah menjaga nama baik perusahaan. Selain memasarkan produk, sales juga perlu menjaga nama baik suatu perusahaan.

Reputasi perusahaan sangat mempengaruhi tingkat penjualan, semakin baik nama perusahaan di mata masyarakat, akan semakin baik pula tingkat peluang penjualannya.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Kualifikasi dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Apa saja keterampilan yang harus dimiliki oleh sales representatif?

1. Komunikasi yang Baik

Keterampilan pertama yang harus dimiliki adalah komunikasi yang baik. Karena akan secara langsung berhadapan dengan konsumen atau calon klien, sales harus mampu berkomunikasi dengan baik.

Tidak jarang sales bertemu dengan orang-orang dengan karakteristik yang berbeda dari berbagai macam kalangan. Sales juga harus mampu menyesuaikan gaya bahasa, budaya, dan faktor lain yang berpengaruh dengan kelancaran komunikasinya.

2. Pengalaman Kerja atau Bidang Studi yang Relevan

Terkadang, beberapa perusahaan ingin mencari sales yang sudah berpengalaman, hal ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya.

Pengalaman sebagai sales lebih berpeluang untuk diterima kerja dibandingkan dengan yang belum memilikinya.

Namun, bagi kamu yang masih baru dan ingin terjun ke pekerjaan sales juga tak perlu minder, kamu bisa memanfaatkan bidang keilmuan yang kamu tempuh.

Karena salah satu syarat menjadi sales adalah pemahaman produk yang baik sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dan mempengaruhi calon konsumen.

3. Semangat dan Motivasi yang Tinggi

Menjadi seorang sales memang tidak mudah, dibutuhkan seseorang yang bermental baja. Artinya, sales harus memiliki semangat dan motivasi yang kuat sehingga tidak mudah menyerah oleh keadaan.

Pasalnya, tak jarang sales menemui kebuntuan atau permasalahan sulitnya pencapaian penjualan. Nah, dalam kondisi inilah semangat dan motivasi sangat dibutuhkan.

4. Berpikir Kreatif

Sales harus berpikir kreatif untuk tujuan meningkatkan penjualan. Kreatif dalam hal ini menyangkut dengan bagaimana strategi yang diterapkan.

Sales harus memiliki ide-ide cemerlang agar produknya laris di pasaran. Selalu update dan mencari hal baru sangat dibutuhkan seorang sales.

Jadi, jika kamu termasuk salah seorang yang selalu ingin tahu hal baru, pekerjaan ini juga sangat cocok untuk kamu.

5. Fleksibel

Bisa dibilang, sales tidak seperti jenis pekerjaan lainnya. Karena sales harus memiliki waktu yang cukup luang dan fleksibel.

Tim penjualan harus bekerja di luar ruangan dan jika ada pelanggan yang ingin bertemu, maka sales harus bisa menyesuaikan waktu.

Bahkan, terkadang ada beberapa konsumen yang ingin bertemu diluar jam kerja. Nah, jika prioritas sales untuk mencapai target, hal ini tentu tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan.

Jadi, inilah penjelasan tentang pekerjaan sales representatif. Jika kamu ingin menekuni bidang pekerjaan ini, maka pahami tugas dan tanggungjawabnya agar pekerjaan ini menjadi lebih mudah.

 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.