Mengenal Sales Canvasser: Definisi, Kualifikasi, dan Tips Sukses Jualan

sales canvasser


Sales canvasser merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan belakangan ini. Apa itu sales canvasser dan tugasnya? Mari kita bahasa selengkapnya disini!

Seringkali kita melihat lowongan pekerjaan menjadi seorang sales canvasser suatu perusahaan di media-media. Hal ini karena peran dan tugas pekerjaan ini cukup penting bagi perusahaan.

Sales canvasser termasuk jenis pekerjaan yang cukup membutuhkan keterampilan. Sedikit berbeda dengan sales biasa yang bertugas untuk kegiatan penawaran, sales canvasser lebih fokus pada penawaran kepada calon konsumen.

Tak hanya itu saja, mereka juga harus memiliki kemampuan penguasaan media yang baik, hal ini dikarenakan saat ini trend internet telah berkembang pesat dan menjadi salah satu media komunikasi yang utama.

Definisi Sales Canvasser

Sales canvasser adalah seseorang yang bertugas untuk berkomunikasi dengan calon konsumen dan menawarkan produk atau layanan.

Artinya, seseorang itu memiliki tugas untuk melakukan canvasing atau berkomunikasi secara langsung dengan calon konsumen.

Sales canvasser sendiri bertugas untuk menjalankan tugas canvasing, dimana canvasing ini sendiri memiliki arti komunikasi dengan pelanggan dan merupakan kegiatan penjualan yang memberikan peluang untuk menghasilkan profit.

Pada penerapannya, sales canvaser akan menjalankan pekerjaannya melalui media-media sosial, email, dan media perpesanan lain.  

Mereka akan menawarkan produk atau layanan kepada calon konsumen yang sebelumnya sudah memiliki kontak dan terjadwal. Dengan demikian, kegiatan pemasaran produk atau layanan akan lebih efektif dan tepat target.

Tugas dan tanggungjawab sales canvasser ini cukup berat, karena selain menawarkan, mereka juga bertugas untuk memperluas jangkauan target konversi perusahaan.

Baca juga: Ingin Jadi Sales Representatif? Ini Tugas dan Tanggungjawabnya

Kualifikasi dan Keterampilan yang Dibutuhkan

kualifikasi sales canvasser


Jika kamu berniat menjadi seorang sales canvasser, berikut ini adalah beberapa kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan, antara lain:

1. Pemahaman Produk yang Secara Detail

Satu hal utama yang dibutuhkan seorang sales canvasser adalah pemahaman tentang produk yang baik dan detail. Ini menyangkut bagaimana keberlangsungan dan kelancaran komunikasi mereka dengan pelanggan.

Seorang sales canvasser harus memahami produk atau layanan yang akan ditawarkan dengan detail, mulai dari spesifikasi produk, keunggulan, manfaatnya, cara penggunaan, dan hal lainnya yang terkait.

Pemahaman ini akan berpengaruh secara langsung terhadap penjelasan mereka kepada target penawaran. Jadi, jika kamu ingin melamar pekerjaan pada posisi ini, maka pastikan kamu memahami secara keseluruhan agar tidak bingung ketika ada pertanyaan oleh pelanggan.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Karena berkomunikasi secara langsung dengan calin konsumen, maka seorang sales canvasser membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik.

Komunikasi ini mencakup tentang bagaimana bahasa, susunan kata-kata, dan juga etika berbicara yang baik sehingga calon calon konsumen akan merasa nyaman.

Selain itu, posisi ini juga membutuhkan pemahaman bahasa yang persuasif. Kalimat ini akan mengantarkan calon konsumen ke arah konversi penjualan.

3. Kemampuan Negosiasi

Selain mampu berkomunikasi dengan baik, sales canvasser juga harus mampu bernogosiasi dengan baik. Negosiasi ini berpegaruh dengan bagaimana tingkat konversi pada nantinya.

Mengingat tugasnya untuk menawarkan kepada calin konsumen, mereka juga harus mampu bernegosiasi, baik itu tentang harga, layanan, atau hal-hal lainnya.

4. Mencari Prospek Peluang yang Lebih Besar

Sales canvasser juga harus mampu mencari peluang yang lebih besar pada penjualan. Ini berkaitan dengan bagaimana mereka mengumpulkan data, informasi target pemasaran, dan juga sumber lainnya sebagai pendukung.

Biasanya mereka akan secara aktif di media sosial tentang topik atau pembicaraan yang bersangkutan. Karena ini akan berpengaruh pada tingkat peluang mereka untuk menghasilkan konversi.

5. Manajemen waktu

Manajemen waktu sangat dibutuhkan dalam posisi ini, karena bisa saja mereka akan bertemu dengan banyak orang dalam satu hari.

Selain itu, sales canvasser ini harus multitasking dan dapat berkomunikasi dengan banyak orang melalui media online.

Pekerjaan ini memang mengharuskan bekerja di luar ruangan, jadi manejemen waktu yang baik sangat dibutuhkan.

Baca juga: 9 Tugas dan Tanggungjawab Customer Service yang Harus Kamu Tahu!

Tips Sukses Menjadi Sales Canvasser

Jenis pekerjaan ini memang membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman. Selain harus bertemu secara door to door, berkeliling mencari prospek, menawarkan produk, mereka juga harus memiliki kemampuan yang lebih dari itu.

Penting untuk merencanakan strategi dengan tepat agar pekerjaan ini memberikan hasil yang optimal. Baik itu hasil kepada perusahaan ataupun kepada diri sendiri. Berikut ini akan kami berikan tips yang bisa kamu lakukan.

1. Menentukan Target Pasar

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan target pasar. Pada sistem pemasaran, target pasar merupakan poin penting dalam melakukan startegi penjualan.

Jika kamu berpikir seorang sales canvasser akan menawarkan kepada ratusan orang perhari dan menelpon beberapa kali, ini tentu salah.

Pemasaran tanpa merencanakan target pemasaran yang tepat hanya akan membuang-buang waktu saja. Karena itu, sebelum melakukan pekerjaan ini, tentukan terlebih dahulu target pasar dan seleksi pada orang-orang tepat yang memungkinkan untuk menghasilkan prospek penjualan.

Misalkan saja produk perusahaan kamu adalah skincare, tentu target utamanya adalah perempuan, karena sedikit sekali laki-laki yang menggunakan produk ini.

Selain itu, menetukan usia dengan kesesuaian produk juga menjadi pertimbangannya. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membuat database khusus tentang kualifikasi ini.

2. Follow Up Calon Konsumen

Terkadang, pada kasus tertentu komunikasi tidak membuahkan hasil. Apalagi jika hanya mengandalkan media online. Jika komunikasis tidak berhasil, maka kamu bisa melakukan follow up kepada calon konsumen.

Follow up ini bukan hanya satu hari-dua hari saja, tetapi seterusnya. Kamu bisa berkomunikasi lebih lanjut tentang hal terkait produk yang kamu tawarkan. Misalkan saja memberikan edukasi tentang manfaat produk atau mengirim beberapa hal yang membuat mereka akan tertarik.

Namun, perlu diperhatikan jika ini tidak perlu dilakukan secara berlebihan, karena mereka juga akan merasa terganggu. Jadi, lakukan follow up sewajarnya sehingga mereka masi tetap merasa nyaman dengan kehadiran kamu.

Anda harus menjaga hubungan yang baik dengan mereka tetapi pastikan untuk tidak berlebihan.

3. Menguasai Kemampuan Dasar Sales Kanvas

Agar fungsi sales canvasser bekerja dengan baik, maka yangharus dilakukan adalah menguasai dan memahami kemampuan dasarnya.

Hal ini mencakup tentang bagaimana pola komunikasi, pemahaman produk, dan juga bagaimana mereka menghadapi calon konsumen.

Seorang sales canvasser harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang baik, ini tentu akan berpengaruh langsung ketika bertemu calon konsumen.

Kamu bisa mempelajarinya terlebih dulu sebelum terjun ke lapangan, pastikan sebelum bertemu atau berkomunikasi memiliki bekal dan persiapan yang matang.

Sekian penjelasan tentang sales canvasser, tugas, kualifikasi, dan tips menjadi sales canvasser, jika kamu tertarik pada posisi pekerjaan ini, pastikan kamu memahami tugas dan tanggungjawabnya dengan baik sehingga pekerjaanmu akan berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.