Tugas Admin Logistik, Lengkap Beserta Kualifikasi yang Dibutuhan

tugas admin logistik


Admin logistik merupakan jenis pekerjaan bidang administrasi. Posisi ini memiliki peran penting dalam perusahaan, karena berkaitan langsung dengan masuk dan keluarnya barang.

Selain itu, admin logistik berfungsi untuk mengatur dan mengelola bahan baku, cuku cadang, dan barang yang pada nantinya akan dijual atau dikirim.

Pada Artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang pengertian dan apa saja yang menjadi tugas dan tanggungjawab seorang admin logisitik.

Sebagian besar perusahaan memang memberikan tugas dan tanggungjawab tersendiri bagi setiap karyawannya, tetapi ini bisa Anda jadikan referensi untuk mempelajarinya lebih jauh. Simak penjelasan berikut ini!

Fungsi Administrasi Logistik

Bisa dikatakan jika admin logistik atau administrasi logistik merupakan bentuk tata usaha atau bagian divisi perusahaan yang menangani urusan pencatatan dan pengelolaan barang, mulai dari pemindahan, penyimpanan, dan pemeliharaan barang. Fungsinya tak lain adalah untuk membuat perusahaan melakukan distribusi tanpa ada keterlambatan, baik masuk dan keluarnya, dan mencapai tujuan bersama secara efektif.

Berikut ini telah kami rangkum garis besar administrasi logistik, antara lain:

1. Pengadaan logistik

2. Pengelolaan barang hasil produksi

3. Penyimpanan

4. Distribusi

5. Penggunaan

6. Pemeliharaan barang

Fungsi administrasi logistik ini tidak hanya memperlihatkan siklus pergerakan atau pengelolaan barang saja, melainkan juga tentang setiap administrasi logistik yang diperlukan.

Baca juga: 9 Tugas dan Tanggungjawab Customer Service yang Harus Kamu Tahu!

Apa Tugas dan Tanggungjawab Admin Logistik?

Seorang admin logistik memiliki tanggungjawab untuk menangani stok atau distribusi di suatu perusahaan dan memastikan barang dikirim tepat waktu.

Dalam artian, admin logistik dapat digambarkan sebagai seorang yang memiliki tanggungjawab untuk memastikan proses pasokan dan distribusi yang efektif dari perusahaan.

Admin logistik melakukan berbagai tugas administrasi seperti mengelola dokumen, bekerjasama dengan pemasok, dan memasukkan data ke arsip dokumen perusahaan. Ini juga berkaitan dengan bagaimana mereka mengelola dan mengidentifikasi permasalahan logistik apapun yang ada.

Tugas dan tanggungjawab admin logsitik juga mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal berikut:

  • ·         Merencanakan pengiriman berdasarkan ketersediaan produk dan permintaan pelanggan
  • ·         Melacak pesanan untuk memastikan pengiriman tepat waktu
  • ·         Menyiapkan dokumen pengiriman (seperti faktur, pesanan pembelian, dan bill of lading)
  • ·         Mengkoordinasikan prosedur alur pasokan kami untuk memaksimalkan kualitas pengiriman
  • ·         Menyusul jadwal shift untuk pengemudi dan staf gudang
  • ·         Menyimpan catatan pesanan, pemasok, dan pelanggan yang baru
  • ·         Mengawasi tingkat stok gudang dan memesan sesuai kebutuhan
  • ·         Menjalin hubungan yangbaik dengan para pemasok
  • ·         Memberikan informasi kepada pelanggan tentang status pesanan mereka

Salah satu hal pentig untuk menjadi seorangadmin logistik profesional adalah memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik dan orientasi pada pemecahan masalah.

Selain itu, seseorang itu harus berpengalaman dalam mengelola personalia atau karyawan tim yang terkait sehingga proses arus ditribusi barang perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Kualifikasi yang Dibutuhkan

Jika Anda mencari pekerjaan sebagai admin logistik, maka hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada posisi ini.

Anda harus memenuhi kriteria, syarat, dan kualifikasi agar peluang diterima kerja lebih besar.  Tentu saja tim perekrut akan berusaha mencari admin logistik terbaik yang dapat melakukan maksud dan tujuan dari adanya posisi itu.

Berikut ini merupakan kualifikasi yang dibutuhkan admin logistik pada beberapa perusahaan, antara lain:

  • ·         Latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kualifikasi, misalkan gelar Sarjana Manajemen, Administrasi perkantoran, atau jurusan lain yang relevan.
  • ·         Memiliki pengalaman kerja atau magangselama bertahun-tahun di industri logistik.  
  • ·         Mampu mengoperasikan komputer, Microsoft Office, dan perangkat lunak lain
  • ·         Kemampuan untuk bekerja secara individual ataupun secara tim
  • ·         Beradaptasi dengan mudah pada tugas dan pekerjaan perusahaan, serta mematuhi setiap aturan perusahaan.
  • ·         Memiliki pengalaman yang baik dalam manajemene personil dan semua aspek kerja tim
  • ·         Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik

Berapa Gaji Admin Logistik?

Berapa gaji seorang admin logistik? Berdasarkan data dari Indeed, rata-rata gaji seorang admin logistik di tahun 2021 sekitar Rp 2, 64 juta perbulan. Namun, angka ini tentu tidak berlaku di setiap daerah.

Adapun yang lebih tinggi dan ada pula bahkan yang lebih rendah, karena ini akan disesuaikan dengan tingkat besaran UMR setiap kota.

Misalkan saja di Surabaya gaji admin logistik bisa mencapai 5 juta perbulan, tetapi belum tentu di kota yang lain mencapai angka itu.

Jadi, salah satu cara paling efektif untuk mengetahui besaran gaji admin logistik adalah dengn menanyakan langsung pada tim perekrut saat interview atau Anda bisa bertanya pada seseorang yang bekerja pada posisi tersebut.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Accounting Staff atau Staff Akunting - Job Deskripsi

Tips Melamar Posisi Admin Logistik

Admin logistik melakukan beberapa fungsi dalam memastikan manajemen arus distribusi barang perusahaan secara efektif.

Jika Anda ingin melamar pada posisi ini, Anda dapat memahami tugas dan tanggungjawab, serta kualifikasi yang dibutuhkan dan menuliskannya pada curiculum vitae Anda.

Apalagi jika Anda sebelumnya pernah bekerja sebagai admin logistik atau yang berkaitan, ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk dicantumkan dalam lamaran kerja Anda.

Berpengalaman dalam bidang pekerjaan atau latar belakang pendidikan pastinya menjadi pertimbangan penting dalam menentukan siapa yang akan diterima bekerja.

Hal ini tentunya akan membuat tim perekrut lebih yakin dengan kemampuan dan meningkatkan peluang untuk diterima pada perusahaan yang Anda lamar.

Selain itu, pastikan Anda mempersiapkan segala hal (pengetahuan) yang berkaitan admin logistik agar saat interview dapat menjawab pertanyaan dengan mudah.

Nah, inilah beberapa penjelasan tentang tugas admin logistik, fungsi, kualifikasi, dan juga tips melamar admin logistik. Sekian dan semoga bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.